Pages

Rabu, 23 Mei 2012

Cara Mengatasi Semua Progam Yang Berubah Menjadi Adobe Reader

Pagi ini saya mendapat telepon dari bagian Expedisi di kantor saya. Dalam pembicaraan diceritakan bahwa pengguna notebook di sana mengalami masalah setelah menginstall Adobe Acrobat Reader di notebooknya. Semua program baik shortcut maupun file .exe yang telah ter install di notebooknya berubah menjadi icon acrobat reader. Sebenarnya bukan area saya untuk Troubleshoot . Tapi karena para “troubleshooter” sedang sibuk semua, okelah saya tangani.


Singkat cerita saya mendatangi lokasi, dan ternyata benar saja, semua aplikasi di OS Vistanya berubah menjadi icon Acrobat Reader. Kemudian saya coba buka salah satu aplikasi MS Office dan ternyata memang yang keluar adalah program adobe acrobat reader. Tentu saja keluar peringatan bahwa Acrobat tidak bisa membuka file yang dituju. Pemilik notebook bercerita bahwa sebelumnya pernah mengalami kejadian serupa. Kemudian salah satu staff IT mencoba menangani dengan cara mengedit satu-persatu target location setiap aplikasi. Itu memakan waktu yang lama sekali. Sejenak berpikir, “sepertinya harus di uninstall adobe acrobatnya”.

Tanpa berpikir panjang, adobe acrobat saya buang dari sistemnya. Seketika juga semua file exe dan shortcut program pulih seperti semula. Langkah selanjutnya adalah menginstall kembali Acrobat Readernya. Beberapa saat proses, dan selesai. Kasusnya kembali muncul. Semuanya berubah menjadi Acrobat Reader. Saya berkesimpulan bahwa Acrobat yang diinstall adalah virus, tetapi hasil scan ternyata No Detected. Kesimpulan kedua adalah crash pada registry. Tapi diperlukan waktu untuk mengutak-atik registry, akhirnya untuk sementara saya tidak gunakan lagi Acrobat Reader dan menggantinya dengan Foxit Reader untuk membuka file-file PDF. Problem Solved !

Setelah kembali ke ruangan, saya penasaran dengan kasus tadi. Saya coba cari di internet, ternyata ada beberapa yang mengalami kasus yang sama. Ternyata benar saja, mungkin masalahnya ada di registry. Walaupun belum saya coba triknya, tapi saya coba share disini. Berikut langkah-langkahnya:

1.  Buka Command Prompt dengan mengetik command di dialog box       Run. 
2.  Setelah jendela Command Prompt muncul, ketik:
cd\windows 
3.  Perintah ini akan mengaktifkan folder Windows. Kemudian jalankan perintah berikut untuk membuka Registry Editor:
 regedit
4.  Kemudian masuk ke:
HKEY_CLASSES_ROOT dan pilih “.exe
5.  Pada jendela sebelah kanan, ganti nilai Default key menjadi exefile  pada kotak Value Data. 
6.  Selanjutnya buka:
HKEY_CLASSES_ROOT\exefile\shell\open\command
Di jendela kanan, ganti nilai Default key menjadi: "%1" %* 
7.  Tutup Registry Editor dan restart.


Semoga bisa membantu. Tips ini bersumber dari:


5 comments:

Cendekiawan IT mengatakan...

makasih gan, ijin bookmark ya... ^_^

faris jati mengatakan...

thank's gan..
for infonya....

faris jati mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
muhammad nugraha mengatakan...

kak , gmana cara membuka HKEY_CLASSES_ROOT\exefile\shell\open\command

(kasih gambar nya lah :D )

oscar asalaka mengatakan...

thanx gan....

Template by : Janual x-template.blogspot.com