Pages

Minggu, 05 Agustus 2012

Cara Mengatasi / Memperbaiki Open With pada Drive

Mungkin judul di atas kurang menjelaskan materi yang akan dipaparkan di postingan ini, tetapi maksudnya begini. Pada komputer yang terinfeksi virus tertentu, ada kalanya user tidak bisa mengakses drive dari windows explorer. Normalnya, pada alamat My Computer di windows explorer, kita bisa mengklik drive yang tersedia untuk mengakses isinya. Tetapi karena infeksi virus, terkadang hal ini tidak bisa dilakukan, malah muncul jendela Open With yang biasa muncul ketika kita hendak mengakses file-file yang memiliki ekstensi yang tidak dikenali sistem. Bagaimana cara mengatasinya?



Sebenarnya caranya sangat mudah. Problemnya terjadi karena pada drive Anda terdapat tambahan sebuah file yaitu autorun.inf yang akan dijalankan begitu Anda mengklik ikon drive. Ketika Anda mengklik ikon drive, perintah yang terdapat pada autorun.inf akan otomatis menjalankan file virus yang menginfeksi komputer Anda. Nah, apabila file tersebut sudah tidak ada karena mungkin antivirus Anda sudah bisa menghapusnya, maka yang muncul adalah jendela Open With.
Yang harus Anda lakukan hanyalah menghapus file autorun.inf pada setiap drive yang tidak bisa diakses dengan normal.

1.    Masuklah ke command prompt dari start – run – ketik “cmd”.

2.    Kemudian arahkan prompt ke drive yang dimaksud, misalnya drive D maka ketikkan D:

3.   Apabila drive yang dimaksud adalah drive C, yang harus Anda lakukan adalah mengetik  "cd " tanpa tanda petik hingga prompt menunjuk ke drive C.

4. Kemudian periksalah apakah ada file bernama autorun.inf yang kita bicarakan ini, ketikkan “dir /a”, maka akan muncul semua daftar file yang ada.

5. Apabila ada file bernama autorun.inf, Anda harus menghapus atribut read-only nya dahulu sebelum bisa menghapusnya. Caranya, ketikkan “attrib -s -h -r -a autorun.inf

6. Setelah itu ketik perintah “del autorun.inf” untuk menghapus file autorun.inf tersebut.
Setelah restart, maka komputer Anda akan sehat seperti sedia kala.

Sekian , Semoga Bermanfaat

0 comments:

Template by : Janual x-template.blogspot.com